Manfaat Tunas Daun Pakis bagi Kesehatan


 Pakis adalah tanaman yang berumpun, biasanya tumbuh didaerah yang lembab serta kering dan teduh. Pakis umumnya melekat pada dinding yang telah lapuk serta berlumut atau di pohon – pohon besar. Ketika musim semi tumbuhan ini bakal tumbuh tunas daun baru yang muda serta masih tetap menguncup. Bila Anda cermati ujung dari tunas baru ini bakal terlihat seperti kepala biola. Daun pakis yang masih muda atau baru tumbuh tunas daunnya biasa dipetik untuk jadikan sayur.

Tanaman yang mempunyai nama latin Diplazium esculentum ini, sudah banyak di kenal di beberapa negara, seperti Nepal, India, Kanada serta Amerika untuk di gunakan juga sebagai sayuran. Jika Anda mau tahu rasanya, nyaris serupa dengan asparagus atau buncis, teksturnya lembut serta renyah. Bukan sekedar bisa digunakan juga sebagai sayuran, tetapi tunas pakis yang masih muda berguna juga untuk kesehatan. Hal semacam ini karena banyak kandungan gizi didalam tunas daun pakis yang masih muda. Cermati tabel tersebut tentang sebagian jenis kandungan tunas daun pakis.

Kandungan     Jumlah/100 gram

Energi            34 Kal
Vitamin A          3617 IU
Vitamin C       26, 6 mg
Karbohidrat    5, 54 gram
Protein           4, 55 gram
Lemak          0. 40 gram
Niacin           4, 980 mg
Riboflavin         0. 210 mg
Sodium         1 mg
Kalium          370 mg
Thiamin        0. 020 mg
Kalsium          32 mg
Zat besi        1, 31 mg
Tembaga          0. 320 mg
Magnesium        34 mg
Selenium          0, 7 mcg
Mangan     0. 510 mg
Zinc       0. 83 mg

Manfaat Tunas Daun Pakis

Nah, itu tadi kandungan yang ada didalam tunas daun pakis. Lantas apa sajakah manfaatnya untuk kesehatan? yang pasti Anda mau tahu tahu manfaatnya. So, simak penjelasan di bawah ini :

Tunas daun pakis telah dapat dibuktikan memiliki kandungan antioksidan 2 x semakin banyak dari pada buah blueberry. Manfaat antioksidan itu selain juga sebagai penangkal radikal bebas dapat juga tingkatkan jumlah dari glutathione serta bisa tingkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

Meningkatkan Memori


Kandungan asam lemak serta omega 3 didalam tunas daun pakis bisa tingkatkan memori pada otak, diluar itu dapat juga menolong program diet Anda.

Melancarkan Buang Air Besar


Butuh Anda kenali, kandungan serat dalam ½ cangkir tunas daun pakis sebanyak 7 gram serat. Kandungan itu bisa menolong untuk melancarkan buang air besar serta menyembuhkan sembelit.

Mencegah Peradangan


Ada kombinasi kandungan asam lemak omega-3 dengan anti-oksidan didalam tunas daun pakis bisa menolong mencegah terjadinya peradangan pada tubuh.

Memperlancar Peredaran Darah


Tunas daun pakis bisa penuhi kebutuhan niacin per harinya. Manfaat dari niacin itu bisa kurangi kandungan kolesterol jahat, hingga melancarkan aliran darah serta mencegah terjadinya sumbatan pada arteri.

Sumber Vitamin A


Kandungan vitamin A yang sangatlah berlimpah bisa Anda dapatkan di tunas daun pakis. Untuk memperoleh semua kandungan vitamin A itu, Anda bisa mengkonsumsi nya. Vitamin A sendiri bagus untuk kesehatan mata, kandung kemih, serta ginjal.

Demikian tadi, kajian tentang manfaat tunas daun pakis. Jadi, tumbuhan yang kerap kita anggap juga sebagai tumbuhan liar seperti pakis atau tumbuhan paku, nyatanya mempunyai manfaat gan juga kandungan gizi yang sangatlah banyak untuk kesehatan tubuh.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment