Bahaya Menggunakan Earphone Terlalu Lama bagi Kesehatan


 Dengan makin berkembang pesatnya teknologi saat ini, memberi suatu keringanan untuk manusia untuk beraktivitas atau kegiatan sehari – hari. Walau demikian, setiap hal pasti mempunyai kekurangan serta keunggulan masing – masing. Baik pada keberlangsungan hidup penggunanya atau kesehatannya. Misalnya pemakaian earphone atau headset untuk dengarkan musik dengan cara terus menerus.

Earphone adalah salah satu produk inovatif di masa globalisasi seperti saat ini. Manfaat earphone terkecuali untuk dengarkan musik dapat juga dipakai untuk lakukan panggilan hingga panggilan dari pihak lain tidak di ketahui atau terdengar oleh beberapa orang. Tetapi, earphone juga mempunyai efek negatif untuk kesehatan, terlebih kesehatan telinga. Nah, apa sajakah disebabkan pemakaian earphone terlalu lama? Tersebut penjelasannya!

Kehilangan Pendengaran


Pemakaian earphone dengan volume di atas 90 desibel bisa menyebabkan permasalahan pada telinga serta rusaknya pendengaran. Karena, nada yang dikeluarkan langsung mengenai gendang telang. Jika hal semacam ini dikerjakan dengan cara terus-terusan bisa menyebabkan tuli. Selain itu, pemakaian earphone lebih dari 15 menit juga memiliki resiko kehilangan pendengaran. Karenanya, baiknya jauhi memasang volume lebih dari 90 desibel serta untuk penggunaan earphone batasi penggunaannya sepanjang 15 menit. Kemudian, istirahatkan telinga agar kembali normal.

Infeksi Telinga


Pemakaian earphone dengan cara bergantian atau saling ganti dengan keluarga, teman dekat atau siapa saja itu bisa beresiko buruk pada kesehatan telinga. Karena, rutinitas bergantian earphone bisa menularkan bakteri serta merupakan kebiasaan tidak sehat. Hingga menyebabkan infeksi pada telinga yang disebabkan sering bergantian earphone dengan orang lain.

Sirkulasi Udara Tersumbat


Dengan diketemukannya earphone tidak menyurutkan pengembangan sebagian jenis inovasi serta jenis earphone yang bikin penggunanya nyaman, seperti kekuatan earphone yang meredam nada keluar dari telinga. Nah, perihal ini pula yang jadi membahayakan kesehatan telinga. Karena, sirkulasi udara pada telinga waktu memakai earphone yang menutupi telinga bakal tersumbat. Hingga bisa menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran pada telinga, lalu infeksi serta selanjutnya kehilangan pendengaran.

Sakit Telinga


Untuk beberapa orang yang suka memakai earphone umumnya mengeluh merasakan rasa sakit pada telinga mereka sesudah memakai earphone atau headset. Hal semacam ini dikarenakan oleh terlampau lama serta terlalu sering memakai earphone dalam kehidupan sehari – hari. Adapula yang memakai earphone sembari tidur serta selanjutnya terbawa hingga alam bawah sadar, tertidur. Nah, kebiasaan buruk inilah yang bisa kurangi kemampuan telinga untuk mendengar secara jelas serta bahkan juga dapat kehilangan pendengaran juga.

Berbahaya untuk Otak


Suara yang dihasilkan oleh earphone atau media elektronik yang lain juga keluarkan gelombang elektromagnetik yang sangatlah beresiko pada otak. Menurut suatu riset mengatakan bila bakal terjadi masalah pada otak jika terlalu sering memakai earphone.

Jadi, jauhi kebiasaan terlalu sering memakai earphone dalam kehidupan sehari – hari. Bisa saja memakai earphone jika dalam situasi serta keadaan yang diperlukan saja. Selain itu, jauhi juga penggunaan earphone dengan volume lebih dari 90 desibel serta dengan rawan saat lebih dari 15 menit. Dan jauhi juga pemakaian earphone saat akan tidur atau sebagai pengantar tidur. Karena waktu bangun telinga bakal alami masalah seperti telinga merasa sakit, mendengung serta bahkan juga mati rasa.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment