Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


 Pegagan (centella asiatica) yang datang dari Asia ini adalah salah satu jenis tanaman herbal yang berbunga sepanjang tahun.

Tanaman ini terdiri atas dua jenis, yakni pegagan merah serta pegagan hijau. Pegagan juga dikatakan sebagai " makanan otak " lantaran diakui bisa tingkatkan IQ kekuatan belajar, dan memori. Diluar itu, juga menanggulangilemah mental pada anak-anak.

Lantaran khasiatnya, saat ini pegagan digunakan diseluruh dunia. Tetapi, negara-negara Eropa serta Amerika menyarankan supaya seorang yang berumur dibawah 19 tahun tidak konsumsi pegagan. Tumbuhan ini di proses dengan beragam langkah hingga bisa dikonsumsi berbentuk herbal kering. herbal segar, bahkan juga salep.

Istimewanya, semua sisi tanaman ini bisa dipakai. Pengobatan dari dalam serta penyembuhan dari luar sering memakai pegagan. Satu hal yang butuh diingat, penggunan obat-obatan herbal tidak bisa dikerjakan lebih dari 6 minggu. Bila masi mau meneruskan mengkonsumsi, baiknya mengambil jeda seputar dua minggu dulu.

Kandungan Pegagan :


Di dalam pegagan terdapat cukup banyak senyawa kimia. Beberapa diantaranya yaitu. :

Triterpenoid

Senyawa ini yaitu senyawa yang paling penting dari tanaman pegagan. Triterpenoid befungsi tingkatkan fungsi mental tambah baik serta berikan efek menentramkan. Kandungan ini dapat juga merevitalisasi pembuluh darah hingga mempelancar peredaran darah menuju otak.

Asiaticoside

Senyawa ini masih tetap sisi dari triterpenoid. Fungsinya memperkuat sel-sel kulit serta tingkatkan perbaikannya, menstimulasi sel darah serta sistem imun, serta termasuk juga sebagai salah satu jenis antibiotik yang alami.

Brahmoside

Senyawa ini berperan untuk mempelancar aliran darah.

Brahminoside

Senyawa ini adalah protein utama untuk sel otak.
Pegagan juga memiliki kandungan kalsium, magnesium, fosfor, seng, tembaga, batakaroten, vitamin B1, B2, B3, C.

Manfaat serta Khasiat Pegagan :


Seperti telah disinggung sebelumnya, pegagan mempunyai sangat banyak manfaat untuk orang yang megonsumsinya. Di bawah ini sebagian kahasiat pegagan yang telah diakui.

Antilepra serta antilupa.

Turunkan tekanan darah serta menghambat terjadinya keloid.
Turunkan gejala depresi, mencegah varises, serta mempelancar air seni.
Menangani masalah pencernaan serta membersikan darah.
Menangani wasir serta konstipasi
Mengobati flu serta sinusitis
Menangani TBS kilit, gigitan ular, serta bisul.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment