Manfaat Daun Salam Yang Belum Anda Ketahui


 Salam adalah tanaman yang tumbuh di pekarangan rumah ataupun kebun. Manfaatnya telah di kenal dari dahulu kala yakni juga sebagai bumbu masakan khas indonesia. Sedang manfaat daun salam untuk kesehatan juga telah banyak dibuktikan melalui riset resmi ataupun independent.

Manfaat daun rempah yang satu ini bisa dipakai juga sebagai obat diare, kolesterol, maag akut hingga di buat pasta gigi tradisional.

Untuk anda yang hobi masak, manfaat daun salam untuk penyedap makanan tidak perlu diragukan lagi. Tetapi, tahukah anda bila daun salam liar mempunyai rasa pahit dan bau kurang harum?

Kandungan Daun Salam Yang Bermanfaat

* Minyak esensial memiliki kandungan eugenol serta metil kavikol
* Ekstrak etanol juga sebagai anti-jamur dan anti-bakteri
* Ekstrak metanol juga sebagai anti-cacing
* Kandungan kimia daun salam mencakup flavonoida, tannin serta minyak atsiri


10 Khasiat Serta Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

1. Mengharumkan masakan

Campurkan daun segar ataupun kering ke masakan seperti daging, ikan, nasi atau sayur mayur supaya aroma masakan lebih harum. Kandungan beberapa zat alami di dalamnya berguna juga untuk melindungi kesehatan dengan tingkatkan ketahanan tubuh. Jadi, janganlah ragu untuk mengikutsertakan salam pada masakan anda.

2. Membuat gigi putih bersih

Pasta gigi tradisional yang terbuat dari daun dapat dibuktikan dapat memutihkan gigi kuning dengan cara alami serta aman. Jemur daun salam serta kulit jeruk hingga kering. Haluskan dengan ditumbuk lalu campur keduanya bersama air. Aduk rata sampai berupa pasta. Gunakan manfaat daun salam juga sebagai pasta gigi tradisional.

3. Turunkan kolesterol serta diabetes

Siapkan 10 – 15 lembar daun yang masih tetap segar, bersihkan sebentar lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Sesudah dingin lantas saring air rebusan daun salam itu serta minum sekalian pada malam hari. Kerjakan dengan teratur supaya kolesterol ataupun diabetes cepat sembuh.

4. Menolong menurunkan berat badan

Untuk anda yang mempunyai permasalahan berat berlebihan, manfaat daun salam untuk turunkan berat badan dapat anda coba. Bersihkan 20 – 30 lembar daun lalu rebus bersama 4 gelas air. Sesudah tersisa 2 gelas, angkat serta dinginkan. Minum 2 kali satu hari pagi serta malam masing-masing 1 gelas supaya berat tubuh turun dengan cara alami.

5. Menyembuhkan kencing manis

Rebus 7 – 15 daun dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Saring serta tunggulah hingga dingin lalu minum sekalian saat sebelum makan. Lakukan 2 x dalam satu hari agar manfaat daun salam diserap oleh tubuh.

6. Turunkan tekanan darah

Siapkan 7 – 10 lembar daun yang masih tetap segar, rebus bersama 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring lalu minum rebusan daun salam satu hari 2 kali masing-masing 1/2 gelas.

7. Menyembuhkan maag akut

Buat anda yang menderita maag, manfaat daun salam bisa jadi obat alami penyakit itu. Cuci bersih 15 – 20 lembar daun segar. Rebus dengan ½ liter air hingga mendidih selama 15 menit. Imbuhkan gula enau (aren) secukupnya. Sesudah air rebusan dingin, minum airnya juga sebagai teh herbal. Lakukan setiap hari hingga rasa perih serta penuh di lambung hilang.

8. Mengatasi mabuk alkohol

Manfaat tanaman salam yang satu ini tidak memakai daunnya tetapi buahnya. Bersihkan satu genggam buah salam masak, tumbuk serta peras airnya. Saring air perasan buah salam lalu minum supaya mabuk akibat alkohol cepat hilang.

9. Meringankan sakit asam urat

Keringkan 10 lembar daun salam lalu rebus bersama 10 gelas air. Tunggulah sampai tersisa 7 gelas lantas minum air rebusan itu setelah dingin. Lakukan teratur setiap hari supaya penyakit asam urat anda cepat sembuh.

10. Menyembuhkan diare dengan cara alami

Selain memakai buah jambu biji yang masih muda, daun salam dapat juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit diare. Siapkan 15 lembar daun salam segar. Rebus dalam dua gelas air hingga mendidih. Imbuhkan sedikit garam serta tunggulah hingga dingin. Minum air itu sekaligus supaya diare cepat sembuh.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Wah banyak banget ya ternyata manfaat dari daun salam ini,,
    dulu sering banget dijumpai dikampun saya, tapi sekarang udah limited editon :-(
    Salam kenal gan, Jangan lupa mampir ke Blogku ya :D

    ReplyDelete