Ternyata Mendaki Gunung Bermanfaat Bagi Kesehatan



Mendaki gunung, naik gunung atau hiking adalah olahraga petualangan di alam bebas yang dilakukan dengan jalan kaki menembus hutan belantara untuk mencapai puncak gunung, orang yang mendaki umum dimaksud pendaki gunung, sedangkan kegiatan mendaki atau naik gunung disebut pendakian. Mendaki gunung bukan hanya berolahraga yang melelahkan serta menghamburkan uang. Manfaat mendaki gunung cuma bisa dirasakan oleh orang yang pernah mendaki. Bila anda mau merasakan manfaat mendaki gunung coba sesekali lakukan pendakian bersama pendaki berpengalaman.

Manfaat mendaki gunung

1. Manfaat mendaki gunung untuk kesehatan

1. 1. Tingkatkan kesehatan jantung serta paru-paru

Manfaat mendaki gunung bisa meningkatkan serta melindungi kesehatan jantung serta paru-paru. Perjalanan mendaki sambil menahan beban carier akan memompa jantung serta paru-paru lebih berat dari biasanya. Supaya tidak memperoleh masalah waktu mendaki gunung, lakukan persiapan olahraga seperti lari-lari kecil, push up, sit up, back up beberapa hari saat sebelum mulai pendakian.

1. 2. Melatih ketahanan tubuh


Kondisi alam yang ekstrim, cuaca dingin diatas pegunungan serta terbatasnya bahan makanan akan melatih ketahanan tubuh. Pendaki gunung otomatis telah ‘membenturkan’ dirinya dengan keadaan diluar zona nyaman. Tidak heran bila pendaki gunung cenderung mempunyai ketahanan tubuh serta mental lebih kuat saat hadapi kondisi buruk dalam kehidupan sehari-hari.

1. 3. Tingkatkan daya ingat


Manfaat mendaki gunung dapat juga meningkatkan daya ingat karena mendaki gunung termasuk berolahraga yang mengasyikkan. Orang yang mendaki umum menemukan beberapa hal baru serta bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan mempunyai perasaan riang gembira.

2. Manfaat mendaki gunung untuk kualitas diri

2. 1. Melatih sportifitas


Manfaat mendaki gunung untuk peningkatan kualitas diri yaitu bisa melatih sportifitas. Tidak ada pendaki gunung yang saling serobot, saling sikut atau saling mendahului. Kemanangan untuk mereka yaitu ketia semua rombongan tiba di puncak serta turun dengan selamat.

2. 2. Melatih kesetiakawanan serta kepedulian


Untuk yang pernah mendaki akan tahu bagaimana sikap tolong menolong tumbuh dengan sendirinya, tanpa ada mengetahui latar belakang ekonomi, agama serta suku bangsa. Mereka punya kebiasaan saling membantu, menghormati serta saling menjadi meskipun tidak sama komunitas. Di lapangan hijau The Jack serta Viking terbiasa adu mulut, namun di puncak gunung mereka dapat minum kopi bareng di gelas yang sama, makan mie bareng pada nesting yang sama.

2. 3. Melatih ketangkasan serta keterampilan


Manfaat mendaki gunung dapat juga melatih ketangkasan serta ketrampilan. Pendaki gunung dituntut harus gesit serta trampil mengatur diri sendiri dan melindungi beberapa orang di sekelilingnya dari ancaman bahaya baik yang datang dari alam ataupun serangan binatang buas.

2. 4. Melatih ketabahan serta kegigihan mencapai cita-cita


Mendaki gunung yaitu perjalanan yang meletihkan. Diperlukan perjuangan ekstra tanpa ada mengeluh untuk sampai di puncak gunung. Dengan demikian orang yang punya kebiasaan mendaki gunung bakal lebih tabah serta gigih mencapai mimpi-mimpinya.

2. 5. Menumbuhkan motivasi diri


Mendaki gunung tidaklah gratis, perlu pengorbanan seperti untuk membeli peralatan serta perlengkapan naik gunung yang tidak murah dan perjalanan kaki yang jauh tanpa ada menghasilkan uang. Hebatnya mereka mempunyai motivasi yang tinggi untuk lebih giat berusaha. Jarang ada pendaki gunung sejati yang hidup bermalas-malasan.

2. 6. Menumbuhkan rasa cinta alam serta kasih sayang sesama manusia


Pendaki gunung bakal punya kebiasaan hidup dengan alam. Mereka bakal rasakan bagaimana pentingnya melindungi serta melestarikan alam.

2. 7. Menumbuhkan rasa syukur

Manfaat mendaki gunung yang tidak kalah penting yaitu tumbuhnya rasa syukur. Bagaimana tidak merasa bersukur setelah melihat indahnya dunia dari atas puncak. Disana langit terasa begitu dekat.

3. Manfaat mendaki gunung untuk lingkungan


Manfaat mendaki gunung untuk sekitar lingkungan yakni bisa meminimalisir rusaknya hutan disebabkan penebangan liar. Hadirnya pendaki bisa menghentikan sementara kegiatan pembalakan hutan. Pendaki gunung juga umumnya turut melindungi lingkungan dengan cara melakukan aktivitas sosial berbentuk penanaman hutan atau reboisasi, seperti yang pernah dikerjakan di gunung Papandayan.

Itulah artikel singkat perihal manfaat mendaki gunung. Mudah-mudahan bermanfaat dan selamat mendaki!
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment