Indahnya Pagar Alam Dan Gunung Dempo


Berdiri 3195 meter diatas permukaan laut, Gunung Dempo yaitu gunung paling tinggi di Sumatera Selatan. Bersama dengan Gunung Marapi di pulau Sumatera, Gunung Dempo yaitu puncak paling tinggi di pegunungan Bukit Barisan yang membentang sepanjang pulau Sumatera. Setelah menyeruput secangkir teh manis hangat pada pagi hari, mendengarkan kicauan burung di pohon-pohon serta melihat matahari perlahan terbit di cakrawala, yaitu pagi serta awal yang sempurna untuk mendaki ke puncak Gunung Dempo.

Terletak diperbatasan pada provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu di pantai barat Sumatera, Gunung Dempo terdapat di Kabupaten Pagar Alam. Seperti namanya Pagar Alam yang berarti pagar alam, nyatanya semuanya tempat ini dikelilingi perbukitan serta pegunungan. Butuh sekitar 7 jam mengemudi untuk mencapai Pagar Alam dari Palembang dan 15 kilometer dari pusat kota Pagar Alam ke Gunung Dempo. Perjalanan menuju gunung ini tidak akan membosankan, karena Anda bakal dimanjakan dengan panorama tebing serta lembah yang fantastis dalam nuansa udara yang sejuk. Sebuah perkebunan teh luas akan menyapa Anda ketika Gunung Dempo tepat di depan mata.

Setelah logistik Anda dimuat, tenda serta kantong tidur siap, hal berikutnya yang Anda lakukan yaitu menempuh jalan menantang. Dengan ransel yang berat bakal mengantar langkah pertama Anda melalui perkebunan teh yang luas. Berjalanlah selalu ke depan tanaman teh yang hijau akan digantikan oleh semak-semak liar serta jalan mulai mendaki. Diantara para pendaki gunung, Gunung Dempo di kenal mempunyai jalur menantang dengan lereng berliku-liku telah membuat Gunung Dempo jadi favorite diantara para pendaki. Menegak segarnya air gunung, mendengar kicau burung serta suara hewan yang lain. Berhentilah sesaat untuk mengistirahatkan kaki serta punggung Anda sembari menikmati suasanya alam serta udara yang segar merupakan pengalaman yang tidak terlupakan.

Tidak ada yang dapat menandingi sensasi nikmatnya kesuksesan mencapai puncak gunung. Pendakian yang melelahkan akan terbayar dengan panorama yang luar biasa indahnya ditemani luasnya cakrawala dari kejauhan. Pengalaman ini adalah pengalaman yang tidak dapat dibayar dengan sejumlah uang. Anda bakal melihat kawah Gunung Dempo yang masih mengepul serta masih aktif. Suasana pemadangan yang Anda abadikan di kamera Anda merupakan piala atas kesuksesan Anda mencapai puncak.

Selain pemadangan gunung yang menantang ini, sisa-sisa budaya prasejarah dapat juga diketemukan di daerah tersebut . Ukiran batu berbentuk manusia, hewan serta yang lain tersebar di sepanjang lereng Gunung Dempo. Didalam Pagar Alam juga ada pasar tradisional yang menjual berbagai barang lokal seperti teh, kopi, buah-buahan, serta lainnya yang layak untuk Anda kunjungi.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment