Tips Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC


 SALAH satu penyumbang rusaknya lingkungan yaitu pemakaian Air Conditioner (AC) yang makin banyak digunakan.

Walau sebenarnya, sesungguhnya ada cara-cara yang dapat dikerjakan untuk menghindari pemakaian AC namun rumah masih tetap dapat terus tidak panas serta bahkan juga merasa sejuk.

Dosen Arsitektur UNS, Ir. Rahmadi Nugroho, MT menyampaikan untuk memperoleh suasana sejuk tanpa ada AC didalam rumah ada banyak hal yang dapat diupayakan.

Hal pertama yaitu memilih lingkungan luar.

Suasana luar bisa di buat lebih sejuk dengan pilih lokasi rumah dekat area persawahan atau tempat dengan pepohonan yang banyak.

Atau pemilik rumah menanam banyak tanaman diluar rumah untuk memberi rasa sejuk ke rumah.

“Memilih lingkungan hijau dapat membuat lingkungan sejuk diluar rumah, hingga dapat menyejukan suasana dalam rumah, ” tuturnya pada Joglosemar, Kamis (17/9/2015).

Selain lingkungan pemilihan bahan bangunan penting juga. Untuk memperoleh suasana sejuk didalam rumah, baiknya pilih bahan yang tidak meneruskan panas, umpamanya dengan memakai lapisan aluminium foil juga sebagai pelapis serta dipasang dibawah genteng.

Plafon yang tinggi dengan menempatkan enternit akan mengurangi panas, lantaran udara panas yang terjebak diatas tidak turun lagi.

“Memilih bahan juga butuh untuk kurangi panas, umpamanya dengan menempatkan pelapis aluminium foil di atap, ” katanya.

Usaha lain yang bisa dikerjakan agar rumah terus sejuk tanpa ada AC, dengan juga menghindari bukaan pintu atau jendela yang menghadap segera ke arah datangnya cahaya matahari.

Umpamanya, kamar paling utama tidak menghadap ke barat lantaran panas matahari sore bakal mengakibatkan ruang merasa panas.

Rumah juga mesti mempunyai banyak bukaan yang sangat mungkin udara alami masuk. Ini dapat jadi jalan keluar untuk rumah dengan langit-langit yang lebih rendah.

Memberi banyak ventilasi dapat juga dikerjakan untuk memberi aliran udara yang terus menerus masuk serta keluar rumah.
Atau untuk mengusir panas bisa diakali dengan bikin rongga di bawah atap.

Hal semacam ini bisa diaplikasikan dirumah dengan bentuk atap datar yang melekat ke bangunan tetangga serta efektif juga pada atap berupa sandar tanpa ada plafon.

Langkah lain yang perlu di ketahui di samping untuk mendinginkan rumah yaitu dengan temukan penyebab yang bikin gerah.

Umumnya peralatan rumah tangga bisa keluarkan panas yang terlalu berlebih, umpamanya peralatan elektronik.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Yang bagus itu deket jendela dibuat kolam ikan terus ditanami bunga - bunga.... bagus khan hehehe

    ReplyDelete