Inilah Tips Memilih Hewan Kurban Yang Sehat


 Untuk anda yang bakal membeli hewan kurban, terdapat banyak syarat yang perlu di perhatikan supaya betul-betul layak dari sisi agama serta kesehatan.

Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Jawa Barat I, Sri Mujiarti Ningsih, memberi panduan untuk beli hewan kurban yang baik.

" Secara kasat mata, hewan kurban yang sehat itu bulunya mengkilap atau tidak kusam, matanya berbinar, perilakunya lincah, semua selaput lendirnya berwarna merah, " kata Sri di Kantor Dinas Peternakan Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (18/9/2015).

Khusus untuk selaput lendir, itu dapat dilihat dari hidung, telinga, serta anus hewan kurban.

Bila keluar lendir berwarna hitam, di pastikan hewan kurban tengah sakit serta tidak layak untuk disembelih. " Untuk suhu tubuh, hewan kurban yang sehat itu pada 39-40, 5 (derajat celcius), " katanya.

Bila suhunya melebihi 40, 5 derajat celcius, jadi hewan kurban kemungkinan tengah demam serta membutuhkan pengobatan lebih lanjut.

Yang di kuatirkan, suhu tubuh yang tinggi malah menandakan hewan kurban terserang penyakit berbahaya seperti antraks atau penyakit yang lain.

Kehadiran tim pemeriksa kesehatan juga diinginkan betul-betul efektif untuk meyakinkan kesehatan hewan kurban yang di jual para pedagang.

" Hewan kurban yang dinyatakan sehat juga bakal di beri surat keterangan kesehatan hewan, " sebutnya.

Selain itu, hewan kurban yang telah dipotong akan diperiksa untuk kembali meyakinkan kesehatannya. " Sehingga daging hewan kurban di pastikan aman untuk dikonsumsi, " ujarnya.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment