Tips Senam Sederhana Untuk Ibu Hamil



Waktu masa kehamilan para wanita mesti melindungi kesehatan mereka sebaik mungkin supaya perkembangan janinnya baik. Setiap Ibu hamil mesti memerhatikan makanan serta minuman yang akan dikonsumsinya. Makanlah makanan serta minuman yang bisa bikin ibu serta janinnya sehat. Selama kehamilannya, beberapa wanita akan mengalami perubahan fisik serta mental, oleh karena itu mereka bisa lakukan olahraga untuk melindungi kesehatan serta kesehatan tubuh dan untuk menyiapkan persalinannya.

Salah satu olahraga untuk ibu hamil yang bisa dilakukan yaitu senam. Tetapi senam yang dilakukan tidaklah seperti aerobik yang begitu energik. Senam ibu hamil adalah terapi lewat gerakan khusus ibu hamil untuk menyiapkan persalinan yang lancar serta juga sebagai pengendalian emosional.

Apakah aman ibu hamil melakukan senam?

Saat sebelum memutuskan untuk melakukan senam spesial ibu hamil, baiknya para ibu berkonsultasi pada dokter kandungan supaya di ketahui apakah keadaan kehamilan itu berisiko atau tidak. Senam ibu hamil ini aman dilakukan untuk kehamilan yang tidak berisiko. Gerakan senam ibu hamil ini tidak begitu energik bahkan juga senam itu tidak keluarkan keringat yang banyak namun bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot dan memperlancar peredaran darah dalam tubuh sehingga tubuh bakal merasa lebih rileks.

Bagaimana caranya melakukan senam ibu hamil?

Beberapa ibu hamil bisa lakukan senam ini dirumah tetapi untuk tahap awal mesti didampingi oleh tenaga ahli. Hal yang bisa dikerjakan yaitu seperti berikut :

1. Persiapkan matras atau yang bisa jadikan alas untuk melakukan senam.
2.   Duduklah diatas alas itu dengan posisi besila lantas punggung ditegakkan serta tangan ditempatkan pada kaki seperti sedang meditasi.
3.  Mulai mengatur pernapasan dengan cara menarik serta menghembuskan nafas dengan cara perlahan-lahan lewat hidung serta lakukanlah gerakan ini selama 5 menit.
4.  Luruskan kaki kedepan, condongkan badan ke belakang lalu kedua tangan akan jadi tumpuan di belakang. Gerakan senam yang baik untuk ibu hamil, satu diantaranya dengan mengangkat kedua kaki ke atas lantas turunkan ke bawah kemudian anda bisa menggerakkannya ke arah samping kanan serta kiri dengan posisi kaki terus lurus serta lakukan berkali-kali dalam waktu beberapa menit.
5. Gerakan selanjutnya yaitu dengan mengubah posisi dengan seperti merangkak dengan posisi kepala, punggung serta pantat dalam keadaan sejajar. Lakukan senam dengan turunkan kepala sampai anda dapat lihat perut serta tahan dengan gerakan itu dalam waktu beberapa menit serta kembali ke posisi sebelumnya serta ulangi gerakan ini secara pelan.
6. Senam ibu hamil ini sangat santai serta gampang dilakukan serta gerakan selanjutnya yaitu dengan merubah posisi dengan membaringkan tubuh dalam keadaan miring ke kiri atau kanan serta letakan bantal di bawah perut serta kepala. Luruskan tangan ke depan serta kaki dalam keadaan lurus setelah itu pindahkan gerakan tangan kaki serta tangan dengan menekuknya ke arah perut secara bersamaan serta tahan dengan gerakan ini dalam waktu beberapa menit serta kembali posisi semula.

Senam ibu hamil sangatlah berguna untuk ibu yang menginginkan persalinan yang lancar. Mudah-mudahan panduan untuk ibu hamil ini bisa bermanfaat ya... Mudah-mudahan buah hati lahir dengan selamat serta ibu juga selamat.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment