Wouww !! Ternyata Bunga Teratai Bermanfaat Sebagai Obat Tradisional


 Bunga teratai (Nelimbium nelumbo) adalah salah satu tanaman yang kerap jadikan tanamn hias lantaran bunganya yang indah serta harum mewangi sepanjang hari. Daunya yang lebar mengapung di permukaan air, sesaat bunganya menjulur keluar. Indah sekali.

Tetapi siapa kira, bunga yang indah serta wangi itu juga mempunyai manfaat juga sebagai obat. Ya, nenek moyang kita dulu kerap jadikan bunga teratai juga sebagai obata tradisional untuk menangani beragam penyakit.

Ajaibnya, nyaris semua sisi dari tanaman teratai ini dapat dipakai juga sebagai obat herbal. Dari mulai umbi, daun, bunga sampai bijinya. Pasti bukanlah tanpa ada alasan, lantaran pada tanaman teratai ini terdapat sebagian senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya protein, lemak, karbohidrat, karoten, asam nikotinat, vitamin B1, B7, serta C. Ada pula kandungan kalsium, fosfor, serta zat besi yang ada pada bijinya.

Manfaat Bunga Teratai Juga sebagai Obat Tradisional

Bunga Teratai

Di bawah ini contoh pemakaian bunga teratai untuk penyembuhan tradisional yang diwariskan oleh para leluhur.

1. Batuk darah, muntah darah

Rimpang teratai dicuci bersih, lalu di buat jus. Buat hingga satu gelas ukuran 200 cc. Minum ramuan jus rimpang teratai itu dengan cara teratur setiap hari selama 3-5 hari.

2. Muntah, diare

Ambil 50 gr rimpang teratai serta 10 gr jahe, bersihkan bersih lalu keduanya dijus atau diparut untuk di ambil airnya. Setelah didapat airnya, minum sehari 3 kali.

3. Obat Disentri

50 gr rimpang teratai serta 10 gr jahe diparut lalu di ambil airnya. Imbuhkan air 100 cc lalu dimasak sampai mendidih. Setelah dingin, tambahkan 1 sendok makan madu, aduk rata lalu diminum sekaligus.

4. Keluar darah dari hidung (mimisan)

Ambillah akar teratai seperlunya lalu dijus. Peras airnya, lalu teteskan ke lubang hidung.

5. Menurunkan darah tinggi

Rebus 10 gr biji teratai serta 15 gr tunas teratai dengan 350 cc air bersih sampai tersisa 200 cc saja. Minum air rebusan itu setiap hari seperti minum teh.

6. Mengatasi Insomnia

Siapkan 5—12 g biji teratai, rendam, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai jadi 1 gelas. Setelah agak dingin, minum airnya serta bijinya dimakan. Lakukan penyembuhan ini dengan cara teratur sampai ada perubahan.

7. Panas dalam, gondokan, penyakit jantung serta liver

Cuci bersih 100 gr rimpang teratai serta 50 gr akar alang-alang segar, lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus seluruhnya dalam 500 cc air bersih sampai airnya tersisa 250 cc. Sesudah dingin airnya disaring serta diminum seperti minum teh.

8. Mengatasi mata merah, bengkak, capek, iritasi

Ambillah 3 gr biji teratai serta 9 gr bunga seruni. Kumpulkan dalam kain bersih, lalu kukuslah. Sesudah agak dingin, kompreskan pada mata. Lakukan 2 kali sehari setiap pagi serta malam hari.

9. Mengatasi depresi, stres

Ambillah 20 butir biji teratai, 15 g biji kelengkeng, 10 butir angco, serta 10 g kim cim. Rebuslah seluruhnya dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc. Setelah agak dingin, minum airnya. Biji teratai, angco, serta kim cim yang sudah di rebus dapat dikonsumsi. Kerjakan ini sampai keluhan berkurang.

Nah, itu dia sebagian manfaat serta khasiat bunga teratai untuk pengobatan. Mudah-mudahan artikel singkat ini bisa bermanfaat serta menambah wawasan Anda dalam dunia kesehatan.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment