Cara Lebih Sehat Membuat Nasi Goreng Ala Dokter


 Kepopuleran nasi goreng sudah dapat dibuktikan di beberapa belahan dunia, terlebih di Asia. Kelezatan sajian ini di dukung oleh beragam bumbu serta pelengkap, seperti telur, acar, kerupuk, sayur, sambal, serta daging. Di Indonesia, Malaysia, serta Singapura, nasi goreng mempunyai cita rasa sendiri karena paduan kecap manis.

Walau disenangi, nasi goreng sering dikira juga sebagai sumber kolesterol tinggi lantaran kandungan menunya yang kaya karbohidrat di proses lewat cara digoreng. Walau sebenarnya bila sistem pemrosesan serta bahan-bahannya diambil dengan apik, hidangan ini bisa jadi sajian yang lebih sehat.

Di bawah ini bisa menjadi beberapa cara serta bahan yang dianjurkan untuk bikin nasi goreng jadi lebih sehat :

Pakai nasi yang telah dimasak pada malam sebelumnya


Gunakan nasi sisa atau nasi yang dimasak pada satu hari sebelumnya supaya nasi goreng jadi lebih gurih. Nasi yang baru dimasak bakal membuat masakan jadi lembek. Demikian dengan juga nasi yang disimpan dalam lemari pendingin pada akhirnya bakal menggumpal. Anda dapat pisahkan terlebih dulu saat sebelum dimasak.

Tentukan minyak yang tepat


Pakai penggorengan antilengket supaya Anda tidak perlu memakai terlalu banyak minyak. Utamakan menggunakan minyak baru untuk menggoreng. Jauhi memakai minyak yang sudah dipakai untuk hindari pemanasan berulang kali. Pemanasan ulang bakal bikin lemak tak jenuh jadi lemak jenuh. Minyak paling baik yang dipakai untuk menggoreng yaitu yang memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal atau ganda, seperti minyak sayur atau minyak zaitun. Keduanya berguna kurangi resiko penyakit jantung.

Hindari memanaskan minyak diatas penggorengan sampai minyak itu keluarkan asap. Selain bakal bikin masakan hangus serta tidak nikmat, minyak yang dipanaskan pada suhu terlampau tinggi bakal kehilangan nilai nutrisinya. Minyak zaitun mempunyai titik panas yang rendah sehingga bila dipanaskan sebentar saja sudah bakal keluarkan asap. Type minyak lain, seperti minyak wijen atau minyak jagung dapat juga dipakai. Sementara minyak sawit serta minyak kelapa memanglah sebaiknya dijauhi lantaran kaya dengan lemak jenuh walau tidak memiliki kandungan kolesterol.

Jauhi memakai margarin atau mentega juga sebagai pengganti minyak untuk menumis. Mentega memiliki kandungan lemak jenuh tinggi sehingga berisiko tingkatkan kadar kolesterol serta resiko penyakit jantung. Sama seperti dengan margarin yang memiliki kandungan asam lemak trans serta sedikit lemak jenuh.

Pilih bahan yang lebih segar serta lebih sehat


Panaskan minyak sampai setengah panas. Tuangkan serta tumis nasi sampai tercampur rata dengan bumbu. Imbuhkan sayur-sayuran, misalnya wortel potong bila diinginkan, lantas tumis sampai gurih. Batasi pemakaian bumbu yang tinggi kandungan sodium, seperti saus teriyaki atau kecap asin.

Jauhi juga memakai bumbu nasi goreng kemasan siap pakai. Bahan ini umumnya memiliki kandungan terlalu banyak garam serta pengawet. Rasanya juga belum pasti sesuai sama selera. Sebagai gantinya, cobalah pakai beberapa bahan yang segar, seperti bawang merah, bawang putih, serta cabai.

Sebisa mungkin gabungkan sebanyak mungkin nasi dengan sayur, dibanding dengan daging olahan, seperti sosis atau daging asap. Selain biasanya memiliki kandungan kandungan garam tinggi serta pengawet, produk olahan daging bisa tingkatkan resiko kanker usus besar.

Bila Anda memakai ayam juga sebagai pelengkap, tentukan bagian dada dibanding paha lantaran memiliki kandungan lebih sedikit lemak. Buang kulitnya. Bila memakai telur, pakai putih telurnya saja. Kuning telur memiliki kandungan kalori tiga kali lipat dibanding putihnya.

Supaya telur tak gosong lantaran dimasukkan lebih awal, masukkan telur setelah nasi setengah matang. Buat lubang di dalam nasi yang tengah dimasak dengan menyisihkannya ke sisi tepi-tepi wajan. Pecahkan serta letakkan telur dalam lubang itu. Sesudah telur diaduk, campur telur berbarengan dengan nasi. Terakhir, Anda dapat imbuhkan minyak wijen serta daun bawang seperlunya juga sebagai penggugah selera.

Di bawah ini yaitu tips bahan serta kandungan nutrisi yang bisa jadi acuan dalam satu ukuran saji nasi goreng.

1, 5 piring nasi.
1 butir telur.
2 sendok makan kecap asin dengan kandungan sodium lebih rendah.
1 sendok makan minyak wijen.
¼ cangkir peterseli.
3 sendok makan minyak zaitun.
¼ sendok teh garam.
2 wortel, potong kecil-kecil.
½ cangkir paprika hijau cacah.
½ cangkir kacang polong.

Dalam sajian dengan beberapa bahan diatas, setidaknya terdapat 300 kalori serta jumlah nutrisi bernilai kurang-lebih seperti berikut : 6 gr protein, 15 gr lemak, 53 mg kolesterol, 36 gr karbohidrat, 3 gr serat, 10 gr lemak tak jemu, 3 gr lemak jenuh, 498 mg sodium.

Ada beragam jenis variasi nasi goreng yang dapat di buat sesuai sama bumbu serta paduannya. Di Indonesia sendiri, ada demikian banyak bahan sehat yang bisa jadikan paduan, seperti petai, pare, jamur, sarden, serta terasi. Berkreasi lewat cara pemrosesan serta bahan pilihan sendiri bisa jadikan sajian nasi goreng juga sebagai alternatif makanan sehat sekeluarga.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment