Idul Adha di Berbagai Negara Juga Berbeda Waktunya


Umat Muslim di seluruh dunia bakal merayakan Idul Adha 1436 Hijriah dalam waktu dekat. Ada perbedaan waktu dalam merayakan perayaan itu di beberapa negara. Ada yang menetapkan pada 23, 24 serta 25 September.

Pemerintah Arab Saudi menginformasikan pada hari Minggu (13/9/2015) bahwa Idul Adha 1436 H jatuh pada hari Kamis 24 September.

" Senin bakal jadi hari terakhir dari Dzulqaidah. Selasa 15 September 2015 bakal menandai awal bulan Dzulhijjah, " tutur Mahkamah Agung Arab Saudi seperti dilaporkan Khaleej Times, Minggu (20/92015).

Disamping itu umat Muslim di banyak negara Barat, termasuk juga Amerika Serikat serta Inggris, ikuti waktu Idul Adha seperti diputuskan oleh Arab Saudi. Tetapi, di negara-negara Asia Selatan seperti India serta Pakistan, Idul Adha dirayakan sehari lalu, pada 25 September.

Diambil dari beragam sumber, di negara-negara Timur Tengah seperti di Kuwait, Libanon, Libya, Maroko, Nigeria, Oman, Qatar, Turki serta Pakistan merayakan Idul Adha pada 23 September.

Di Indonesia, pemerintah lewat sidang isbat sudah menentukan tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada Selasa, 15 September 2015. Sehingga, Idul Adha diputuskan jatuh pada Kamis 24 September 2015.

Disamping itu, PP Muhammadiyah keluarkan maklumat Idul Adha 1436 Hijriah jatuh pada 23 September 2015. Sekretaris Umum (Sekum) Muhammadiyah Abdul Mu'ti menerangkan penetapan itu didasarkan pada penghitungan hisab hakiki wujudul hilal.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment