Obat Tradisional Disekitar Kita Dan Manfaatnya


Di zaman serba mutakhir serta moderen ini, tanaman obat masih tetap cukup popular serta disukai oleh orang-orang, terlebih oleh susunan orang-orang menengah ke bawah serta kelompok masyarakat yang mengerti dengan benar bermacam manfaat di balik beberapa macam tanaman obat yang ada serta tunbuh dengan baik di lahan Indonesia.

Tanaman obat tidak memberi dampak negatif atau efek samping yang semakin banyak dari pada obat-obatan moderen yang di proses dari beragam jenis bahan kimia. Di Indonesia, ada demikian banyak tanaman obat yang berkwalitas tinggi serta berguna juga sebagai obat herbal alami.

Beberapa macam tanaman obat keluarga atau lebih di kenal juga sebagai TOGA (Tanaman Obat Keluarga) adalah tanaman yang didapat dari hasil budidaya rumahan yang cukup bermanfaat juga sebagai obat. Tanaman obat berniat ditanam diatas sepetak tanah, baik di halaman rumah, di kebun ataupun ladang yang nanti bakal digunakan dengan cara pribadi juga sebagai tanaman obat keluarga.

Histori TOGA sudah berkembang mulai sejak lama, datang dari Mesir Kuno, Yunani Kuno, Cina, Inggris sampai ke Indonesia. Ada cukup banyak type tanaman obat yang masih tetap dipakai sampai sekarang ini, diantaranya yaitu :

a. Daun dewa umum digunakan untuk menyembuhkan muntah darah bahkan juga pembengkakan yang terjadi pada payudara

b. Seledri serta belimbing adalah tanaman obat yang umum dipakai untuk menyembuhkan hipertensi

c. Kelor adalah type tanaman obat yang baik untuk menyembuhkan demam dan panas dalam

d. Daun bayam duri dapat jadi obat alternatif untuk menangani anemia

e. Kangkung bisa menangani permasalahan susah tidur yang seringkali mengganggu saat istirahat Anda

f. Pacar cina bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit kelamin sedangkan Saga bisa digunakan untuk menangani sariawan dan menyembuhkan batuk

Semua TOGA diatas, cukup Anda ambil dedaunannya saja. Terkecuali beragam type tanaman obat keluarga, kenali beberapa macam tanaman obat serta manfaatnya dibawah ini :

a. Temulawak

Temulawak adalah tanaman obat asli khas Indonesia yang sudah digunakan mulai sejak lama oleh leluhur kita, dengan cara turun temurun, temulawak digunakan untuk menyembuhkan sakit kuning, perut kembung, maag serta menolong menstabilkan tekanan darah, serta baik untuk tingkatkan system kekebalan atau imunitas tubuh.

b. Jahe

Mulai sejak zaman dulu, rimpang jahe digunakan untuk menangani keluhan masuk angin, mabuk kendaraan dan sakit kepala serta pusing. Kandungan antioksidan yang ada didalam rimpang jahe berguna untuk memperlambat sistem penuaan, tingkatkan system kekebalan tubuh dan menghambat oksidasi kolesterol.

c. Bawang Putih

Mempunyai manfaat yang sangatlah beragam, bisa digunakan untuk menyembuhkan flu, batuk, serta dapat membunuh bakteri dan virus jahat yang mengakibatkan penyakit. Riset tunjukkan bila mengkonsumsi bawang putih bisa menolong turunkan kolesterol tinggi yang mana bisa kurangi risiki hipertensi serta penyakit jantung.

d. Sambilito

Hasil dari riset menyampaikan bila kandungan Andrigrapholide, senyawa lakton diterpenoid bisiklik yang ada didalam sambilito bersifat melindungi hati dan dapat dibuktikan efisien menjaga kesehatan hati dari beragam efek negatif parasetamol ataupun galaktosamin, sambiloto juga dapat memperlambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

e. Cengkeh

Berguna untuk menangani beragam keluhan sekitar kesehatan, seperti sakit kepala, sakit gigi, mual serta muntah, masuk angin, perut kembung serta masalah pada pencernaan, kolera, asma dan menolong membuat lancar aliran darah serta selalu selalu mengatur suhu tubuh.

Beberapa macam tanaman obat, dari tanaman obat keluarga yang memanglah berniat ditanam untuk memenuhi keperluan obat-obatan keluarga sampai sebagian type tanaman obat yang popular serta hingga sekarang ini masih tetap digunakan untuk penuhi keperluan masyarakat, terutama obat-obatan.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment